Akustik ruangan untuk Home recording studio

1 Juni 2016

APAKAH HOME RECORDING STUDIO DAPAT MENGHASILKAN KUALITAS AUDIO YANG BAIK SEKELAS STUDIO PROFESIONAL?!!

Jawabannya :         ....Bisa !!....

Tapi...tidak semua proses produksi studio profesional dapat diwakilkan di home studio..
APA SAJA ?!......
Biasanya proses tracking drum atau gitar yang memerlukan system todong jarang di proses di home studio,mengingat dapat menghasilkan noise yang tinggi dan akan sangat amat menggangu tetanga ataupun orang yang ada dirumah.KECUALI...Proses tracking drum dilakukan dengan system gambar dengan menggunakan software drum,dan system direct in untuk tracking gitar. Selain proses tracking drum dengan system gambar,direct gitar/bass dan take vokal,yang proses produksi audio yang sering dilakukan di home studio adalah,editing dan mixing.  Faktor-faktor yang menjadi penentu kualitas recording studio sehingga dapat menghasilkan hasil audio yang baik, di antaranya :

- Sumber daya manusia  (Audio Engineering)
- Sumber daya manusia  (musisi)
- Alat rekaman yang berkualitas (Hardware   & Software)
- Ruangan dengan tata akustik yang baik.

Untuk mendapatkan hasil mixing yang akurat, ruangan sebaiknya di berikan material akustik,baik itu yang bersifat pemantul suara (reflector), Penyerap suara(Absorber),atau penyebar suara (Diffuser) Sehingga Ruangan akustik pada home recording dapat menghasilkan Audio yang tidak kalah baik dengan studio profesional. Penempatan panel-panel akustik yang tepat sangat berpengaruh pada kinerja panel itu sendiri,sesuai dengan fungsinya masing2 dan disesuaikan dengan kondisi ruangan. perencanaan yang matang dengan dilakukan pengukuran akustik secara tepat dapat membantu anda mendapatkan hasil yang optimal dan mengirit biaya. Umumnya sebuah control room banyak mengunakan bahan yang bersifat penyerap suara (absorber)atau(bisa dikombinasikan dengan penyebar) dan kombinasi penyerap=penyebar di ruang live.

Banyak sekali ruangan dengan kebutuhan audio khusus seperti : studio rekaman,rumah ibadah,ruangan meeting,karaoke,gedung serba guna,dll yang lebih mengutamakan hardware2 dan piranti audio dari pada ruangan. sementara kebutuhan yang paling mendasar (ruangan akustik) sering terlewatkan!!dimana sebenarnya kualitas dari hardware dan piranti2 audio itu sendiri akan lebih maksimal kinerjanya jika didukung dengan ruangan yang telah di treatment akustik dibandingkan dengan ruangan existing tanpa treatment akustik yang baik.