VLOG - Acoustic Treatment Pada Home Recording Studio

1 Juni 2016

Pada VLOG kali ini , Bi - Acoustic melakukan treatment acoustic dan penataan ataupun pengaturan pantulan suara dan gema , di sebuah home recording studio di bilangan BSD . Home recording ini dimiliki oleh salah satu sound engineer muda yang sangat berbakat , yaitu saudara Niko Veryandi , yang juga merupakan pencipta lagu, music arranger, producer . Dengan track record yang semakin baik , maka saudara Niko berkeinginan memaksimalkan ruang home studio nya , dimana masih terdapat beberapa masalah gema dan pantulan suara , yang menyebabkan didalam proses produksi rekaman maupun mixing , saudara Niko diharuskan mendengarkan output volume yang cukup keras, demi mendapatkan direct sound dari monitor speaker.

Tentunya cara seperti ini harus dihindarkan, karena dapat merusak indra pendengaran dan menyebabkan ear fatigue . yang menyebabkan indra pendengaran kita mengalami kelelahan, sehinga sangat mengganggu proses pekerjaan dalam produksi audio dan music, khusus nya mixing . Untuk itu Bi - Acoustic dengan senang hati membantu saudara Niko mengatasi keluhan yang ditimbulkan oleh ruangan yang belum mendapatkan treatment acoustic secara baik . Sesuai dengan acoustic measurement yang sudah dilakukan sebelum pengerjaan , maka kami menemukan kesimpulan , jika ruangan saudara niko ini bermasalah dengan pantulan dan gema pada frekwensi Low , yaitu 40 sd 80 hz .Adapun proses dan tahapan kerja yang kami lakukan, dapat dibagi menjadi 4 tahapan yaitu :


1.Proses pembongkaran
Mengapa pembongkaran dilakukan ? apa yang kita bongkar ? Ya! Dikarenakan ruangan ini sebelumnya sudah ditempel menggunakan busa telor pada ketiga sisi dinding yaitu samping kiri , samping kanan dan dinding belakang, dan juga bagian plafon . Untuk efisiensi dan ketepatan , maka kami sepakat untuk melepaskan busa telor yang sudah terpasang pada kedua sisi dinding saja , yang akan kami gantikan menggunakan acoustic panel w 60 , ceiling yang akan kami pasang absorb panel z 50


2.Proses pengukuran ( acoustic measurements )
Didalam proses pengukuran ini , kami menggunakan alat pengukur frekwensi bunyi ruangan, diamana sebelum proses pemasangan , kami melakukan uji coba untuk mendengarkan bunyi diruangan menggunakan speaker monitor yang ada , sehingga kami dapat memiliki kesimpulan yang cukup akurat , dalam mengatasi gema dan frekwensi yang bermasalah .

3.Sweet Spot
Ya! Sebagai seorang sound engineer , saudara niko harus mendapatkan sweet spot yang ideal , yaitu jarak antara posisi speaker dengan posisi telinga , sehingga kebutuhan detail suara yang keluar dari speaker monitor dapat di tanggkap dengan cukup akurat , sehingga kebutuhan direct sound dari speaker monitor dapat ter akomodir dengan baik , ke telinga dari sound engineer .

4. Pemasangan
Setelah melewati 3 proses tersebut , barulah kami melakukan pemasangan panel2 akustik yang sudah kita siapkan, sesuai dengan kebutuhan dari ruangan itu sendiri . Adapun material yang digunakan adalah sebagai berikut :

-  6 pcs absorb panel (ceiling) z 50
-  12 pcs absorb panel w60 (wall)
-  2 standing basstrap corner
-  2 hanging basstrap ceiling

Untuk lebih jelas nya , teman teman dapat langsung menyaksikan proses pengerjaan dari home recording studio acoustic treatment ini , secara lengkap Dari awal hingga selesai . Selamat Menonton !