Emergency Tips & Tricks - Mengatasi Gema Pada Ruangan

1 Juni 2016

Gema adalah pantulan bunyi (reflection sound) yang diterima oleh pendengar beberapa saat setelah bunyi langsung (direct sound) .Gema secara umum dipengaruhi oleh jumlah energi pantulan yang terjadi dalam ruangan dan Secara langsung Gema yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas suara, yang menyebabkan beberapa gangguan dan ketidak nyamanan seperti :

Tingkat kejelasan suara ucapan (speech integibilty)  

Kejernihan Sinyal suara (Clarity).

Gema yg berlebihan pada suatu ruangan umumnya dihasilkan oleh material2 yang bersifat memantulkan suara,seperti dinding tembok , gypsum , panel2 kayu solid,dll.Untuk mengurangi energi pantulan suara yang berebihan diperlukan material akustik yang bersifat menyerap suara (absorber),sehingga dapat mengurangi energi pantul yang berlebihan. Secara umum penggunaan panel akustik absorber digunakan untuk ruangan2 seperti : auditorium,ballroom,studio rekaman,rumah ibadah,class room,meeting room,dll. Khusus untuk ruangan yang menginginkan kualitas suara yg jernih(studio musik) maka gema didalam ruangan harus di minimalisir,sehingga kualitas sumber suara yang di rekam akan menjadi jauh lebih baik.

Didalam Video kali ini, Bi - Acoustic Indonesia akan memberikan simulasi sederhana cara mengurangi gema pada suatu ruangan kosong yang di gunakan untuk bermain drum, dan membuktikan seberapa efektif penggunaan panel2 akustik pada ruangan kosong. Sehingga pantulan suara yang berlebihan tidak memberikan gangguan yang dapat mempengaruhi kualitas suara dari instrument drum yang direkam,dan mood pemain drum itu sendiri .

 
 
Material akustik yang digunakan :
Acosutic borad T-25

Absorber panel Z-50

Bass trap
Qrd Diffuser.

Untuk Info Dan Pelayanan Kami Silahkan Menghubungi :

021-7457112 / 08111999502
Jl.Sutan syahrir sawah baru.
Ruko grand kencana Blok B sektor 7,Bintaro (depan Mall Bintar Exchange)
Tangerang selatan,Banten 15224